Tuesday 15 April 2014

Pengertian Menstruasi Menurut Para Ahli

Pengertian menstruasi menurut para ahli - Banyak sekali para ahli yang mengemukakan tentang apa pengertian menstruasi itu. Yang pertama adalah Prawihardjo, beliau menjelaskan menstruasi adalah salah satu proses alami seorang perempuan yaitu proses deskuamasi atau proses meluruhnya dinding rahim bagian dalam yang keluar melalui vagina.

pengertian menstruasi menurut para ahli

Beliau menjelaskan lebih lanjut, siklus menstruasi yang dialami berkisar 21 sampai 35 hari. Ada juga yang memiliki siklus 28 hari dan 35 hari, tapi hanya sekitar 10 sampai 15 persen saja. Lamanya mengeluarkan darah umumnya juga berbeda-beda, ada yang 3 sampai 5 hari, 7 sampai 8 hari, bahkan ada yang hanya 1 sampai 2 hari saja.

Menstruasi adalah
Pengertian menstruasi versi Sarwono Menstruasi adalah pendarahan secara periodik dan siklik dari uterus disertai pelepasan dari endomentrium. Penjelasan tersebut tidak jauh berbeda dengan Prawihardjo.

Psikologis menstruasi
Secara garis besar para ahli menstruasi mempunyai pendapat yang sama yaitu keluarnya darah melalui saluran kewanitaan yang membentuk siklus bulanan. Dilihat dari segi psikologis menstruasi adalah proses seorang wanita dari masa kanak-kanak menuju wanita dewasa yang siap memberikan keturunan.

Pengertian menstruasi menurut para ahli
Begitu banyak pengertian menstruasi menurut para ahli yang tidak bisa disebutkan semuanya, namun bisa ditarik kesimpulan bahwa menstruasi adalah takdir dari seorang wanita yang menandakan normalnya fungsi tubuh terutama organ genital yang disertai perubahan fisik maupun psikis.


Menstruasi sudah menjadi fitrah bagi seorang wanita untuk menghasilkan keturunan, jika wanita sudah tidak mengalami menstruasi berarti mereka tidak akan pernah bisa menghasilkan keturunan.

1 comment:

  1. Pengertian atau definisi menstruasi mirip satu sama lain

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik disini..