Tuesday 15 April 2014

Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Proses terjadinya menstruasi pada wanita - dimulai pada saat mereka mengalami pubersitas, tumbuhnya rambut didaerah kemaluan dan membesarnya payudara menjadi gejala utama yang mempengaruhi proses terjadinya menstruasi.

proses terjadinya menstruasi pada wanita

Ketika hormon estrogen dan progesteron mengambil peran pada dinding rahim dan sel telur keluar dari indungnya tanpa adanya pembuahan, maka dinding rahim akan mengalami peluruhan diikuti pendarahan melalui saluran kewanitaan.

Jelaskan proses terjadinya menstruasi

Pubersitas pada wanita menjadi salah satu alasan yang  menjelaskan proses terjadinya menstruasi pada wanita. Ovarium pada setiap wanita puber akan memiliki korteks yang lebih tebal dimana bisa merangsang proses ovulasi.

Pendarahan yang kita sebut menstruasi

Ovum akan turun ke tuba uterin yang akan menunggu sperma untuk dibuahi. Nah, jika ovum tidak bertemu dengan sperma maka akan mengakibatkan peluruhan yang disertai pendarahan yang kita sebut menstruasi.

Proses terjadinya menstruasi pada wanita

Penyebab terakhir dari proses terjadinya menstruasi pada wanita adalah produksi hormon kewanitaan. Salah satunya adalah Gonadotropin Releasing Hormone (GnRH), Folikel Stimulating Hormone, Luteinizing Hormone dan Estrogen dan Progesteron. 

Proses menstruasi pada satu wanita

Hormon-hormon tersebut juga berperan dalam proses terjadinya menstruasi pada wanita. Setiap wanita yang menuju proses kedewasaan akan memiliki gejala-gejala yang berbeda-beda. Sehingga proses menstruasi pada satu wanita bisa saja berbeda dengan yang lain.


Pada banyak kasus, siklus menstruasi pada wanita bervariasi, normalnya setiap wanita akan mengalami siklus menstruasi antara 21 sampai 35 hari. Namun penjelasan ini dapat berbeda dengan kondisi sebenarnya dan hanya sebagai referensi saja.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik disini..