Friday 18 April 2014

Warna Darah Menstruasi Sedikit

Warna darah menstruasi sedikit - Topik tentang menstruasi adalah topik yangluas dan harus dipahami oleh setiap wanita. Bisa dikatakan bahwa siklus yang terjadi pada wanita ini, pada banyak kasus justru malah membuat wanita menjadi kebingungan dan bertanya - tanya. Masalah menstruasi yang biasanya dialami wanita adalah darah menstruasi yang sedikit.

warna darah menstruasi sedikit

Masalah yang berkaitan dengan darah menstruasi sedikit seperti :
  1. darah menstruasi sedikit dan sakit perut
  2. darah haid sedikit
  3. menstruasi sedikit tapi lama
  4. menstruasi sedikit dan warna coklat
  5. menstruasi sedikit dan berwarna coklat
  6. darah menstruasi banyak
  7. darah menstruasi encer
  8. darah menstruasi hitam pekat

Darah menstruasi


Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab darah menstruasi hanya keluar sedikit saja. Kebanyakan wanita mengasumsikan bahwa darah yang keluar banyak pada saat menstruasi adalah patokan menstruasi yang normal. Hal ini tidak sepernuhnya benar.

Warna darah menstruasi

Banyak atau tidaknya darah menstruasi yang keluar sangat dipengaruhi oleh tebal atau tidaknya dinding rahim wanita. Setiap wanita memiliki ketebalan dinding rahim yang berbeda - beda. Namun apabila darah menstruasi sedikit dan warna darah menstruasi berubah, itu bisa menandakan suatu gejala penyakit tertentu.

Perubahan hormon

Asupan makanan juga berpengaruh terhadap banyak atau tidaknya darah menstruasi. Pastikan untuk tetap menjaga asupan gizi terhadap tubuh sehingga kesehatan terutama secara hormonal tetap terjaga. Tingkat stress juga dapat menjadi pemicu terjadinya perubahan hormon yang berakibat terganggunya pula fase menstruasi.


Jadi ketika mengalami hal ini sebaiknya bagi wanita tidak perlu untuk terlalu panik terlebih dahulu. Darah menstruasi sedikit tidak selalu berarti timbulnya kelainan pada tubuh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter seputar masalah menstruasi yang dialami.

1 comment:

  1. Salam doktor , saya masih dalam peringkat remaja , umur saya 17 tahun pada 2015. Adakah normal sekiranya saya mengalami masalah lendiran coklat kehitaman sekali sekala bercampur dengan darah dalam kuantiti yang sedikit ? Masalah ini sudah berlarutan hampir sebulan selepas haid saya dan saya mengalami masalah ini dengan agak kerap . Sekiranya tidak normal , tolong berikan informasi , tips dan nasihat tentang masalah saya . Kerjasama doktor amatlah saya hargai .

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik disini..