Wednesday 16 April 2014

Ciri - Ciri Fase Menstruasi Pada Wanita

Ciri - ciri fase menstruasi pada wanita - Menstruasi adalah fase normal yang selalu dialami wanita dalam masa produktifnya secara biologis. Fase menstruasi  ini biasanya dialami satu kali dalam sebulan. Waktu menstruasi biasanya berkisar antara 4 - 7 hari.

ciri - ciri fase menstruasi pada wanita

Namun bisa lebih atau kurang dalam beberapa kondisi tertentu. Hal ini sangatlah penting untuk diketahui setiap wanita. Mengingat bahwa seringkali terundanya fase menstruasi adalah pertanda dari kondisi biologis lainnya.

Ciri - ciri fase menstruasi

Ciri - ciri fase menstruasi pada wanita biasanya diawali dengan keluarnya cairan putih dari vagina beberapa hari sebelum menstruasi. Fase ini biasa disebut dengan fase pra-menstruasi. Ciri yang berikutnya, pada sebagian besar wanita payudaranya akan mengencang atau cenderung terasa nyeri apabila tersentuh.

Tingkat emosional

Ciri secara fisik lainnya adalah, tidak stabilnya tingkat emosional. Wanita biasanya akan cenderung pendiam atau bahkan sebaliknya saat menstruasi. Ciri yang terakhir adalah mudah lelahnya fisik wanita. Dalam banyak kasus wanita yang dalam fase ini akan lebih cepat merasa lelah daripada saat kondisi normal.

Fase menstruasi  pada wanita

Itulah tadi beberapa ciri - ciri fisik yang terjadi dalam fase menstruasi  pada wanita. Hal ini tergolong sangat penting sebagai pembelajaran awal tentang siklus biologis yang datang setiap bulannya pada wanita.


Karena dalam beberapa kasus masih ditemui remaja yang tidak siap dan minder menghadapi menstruasi pertamanya. Semoga informasi diatas dapat dijadikan bahan acuan orang tua khususnya, dalam mengajarkan fase biologis ini kepada putrinya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik disini..