Friday 18 April 2014

Apa Penyebab Telat Menstruasi Pada Remaja

Apa penyebab telat menstruasi pada remaja - Menstruasi adalah fase yang dialami wanita sejak usia rata - rata 11 - 50 tahun. Fase ini sangat dipengaruhi terutama oleh faktor hormonal. Telat menstruasi adalah hal yang umum dikeluhkan kebanyakan wanita tidak hanya wanita dewasa bahkan remajapun bisa mengalaminya.

apa penyebab telat menstruasi pada remaja

Penyebab telat menstruasi

Terlambat datang bulan bagi remaja apalagi di usia sekolah tentunya adalah hal yang sangat membuat gelisah. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab telat menstruasi pada kebanyakan remaja. Lantas apa penyebab telat menstruasi? Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut. Faktor yang pertama tentunya kehamilan.

Apa penyebab telat menstruasi

Tingkat aktifitas seksual diluar nikah yang marak dilakukan kalangan remaja adalah salah satu penyebab banyaknya ditemukan kasus kehamilan pada usia remaja. Sebaiknya lakukan pengecekan dengan test pack. Namun apabila hasilnya negatif dan masih tidak datang bulan, masih faktor lain yang dapat menjadi penyebab. 

Tingkat stress

Tingginya tingkat stress pada remaja juga dapat menjadi penyebab. Ya, remaja sangat rentan terhadap stress. Hal ini bisa dipicu dari beban sekolah, pergaulan, atau kondisi dilingkungan keluarga.

Penyebab telat menstruasi pada remaja

Penyebab lainnya dapat berupa faktor kesehatan, kelainan hormon, obesitas, atau konsumsi obat - obatan yang berlebihan. Itulah tadi beberapa faktor penyebab telat menstruasi pada remaja. Tingginya kesadaran untuk menjaga pola kehidupan seksual, kesehatan, dan tingkat stress sangat diperlukan.


Apabila telat menstruasi terjadi secara terus - menerus sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, semoga beberapa informasi diatas dapat membantu anda terutama para remaja.

19 comments:

  1. Saya hampir dua bulan menikah tpi sampai sekarang belum haid juga trus kemarin TP tpi hasilnya (-) ...tolong solusinya dong??

    ReplyDelete
  2. Mungkin ada masalah pada hormon,,, jadi konsultasi dan periksakan ke dokter ....

    ReplyDelete
  3. aku telat haid udah seminggu tp biasanya itu normal. baru kali ini telat. blm pernah hubungan juga. solusinya dong?

    ReplyDelete
  4. jika menghitung telat haid itu sendiri bagaimana ??

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. telat satu minggu datang haid... sedangkan tidak melakukan hubungan intim.

    ReplyDelete
  7. Telat datang bulan hanya bisa dimengerti oleh wanita bersangkutan, karena satu wanita dengan wanita lain siklusnya tidak sama. Tetapi umumnya 28 hari, ada pula yang lebih pendek 21 hari, tetapi ada juga yang 35 hari..Ini masih di sebut wajar. Kurang lebih begitu lah yang saya tahu....salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. dok saya mau tanya semisal hbs melakukan hubungan intim keluar bercak darah di hari kedua pagi harinya pendarahan seperti mens sorenya pendaharannya berhenti apa itu bisa di katakan positif hamil

      Delete
    2. dok saya mau tanya semisal hbs melakukan hubungan intim keluar bercak darah di hari kedua pagi harinya pendarahan seperti mens sorenya pendaharannya berhenti apa itu bisa di katakan positif hamil

      Delete
  8. dok saya mau tanya semisal hbs melakukan hubungan intim keluar bercak darah di hari kedua pagi harinya pendarahan seperti mens sorenya pendaharannya berhenti apa itu bisa di katakan positif hamil?

    ReplyDelete
  9. Dok saya mau tanya saya itu belum menstruasi lebih dari seminggu dan juga masi remaja saya juga tidak pernah melakukan seks

    ReplyDelete
  10. Dok saya mau tanya saya itu belum menstruasi lebih dari seminggu dan juga masi remaja saya juga tidak pernah melakukan seks

    ReplyDelete
  11. Dokter apa ya kalo mau periksa masalah telat haid.. soal nya 7dh 2 bulan gak haid pdahal gak pernah berhubungan intim.

    ReplyDelete
  12. Jika kondisi pikiran stres memang sering kali membuat menstruasi menjadi tidak lancar dan dengan begitu sering kali membuat timbulnya rasa sakit,,

    ReplyDelete
  13. Saya sudah telat hampir mau 2 bulan tapi belum di tp takut hamil harus gimana?
    Tapi gaada tanda2nya!

    ReplyDelete
  14. Sy telat haid kira2 sdh 1 bulan 17 hari. Umur sy baru 17 tahun,sy tdk merasakan gjla2 lain sprti org hamil. Kira2 apa ya dok penyebabnya?

    ReplyDelete
  15. Dok saya sudah telat haid 2bln. Umur saya 14thn. Saya juga gak pernah berhubungan intim. Kira2 apa penyebabnya dok?

    ReplyDelete
  16. Dok saya sudah telat haid 2bln. Umur saya 14thn. Saya juga gak pernah berhubungan intim. Kira2 apa penyebabnya dok?

    ReplyDelete
  17. Dok? Umur saya 16thn. Saya telat haid 1bln 1minggu , saya tidak pernh berhubungan intim apa penyebabnya ya dok

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik disini..